MAKALAH TENTANG PENCEMARAN AIR



BAB I
PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang
Dari berbagai masalah yang ada di lingkungan sekitar kita, pencemaran air merupakan salah satu permasalahan yang harus diperhatikan karena pencemaran air dapat mengganggu lingkungan dan juga kehidupan masyarakat.
Disamping itu masyarakat banyak yang kurang menjaga kebersihan air. Kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan kita apalagi dalam hal yang berkaitan dengan air, karena apalagi dalam hal yang berkaitan dengan air, karena air merupakan salah satu sumber kehidupan bagi semua makhluk hidup.
Untuk itu kami membuat laporan penelitian tentang pencemaran air di lingkungan sekitar. Hal ini dimaksudkan menjaga air agar masyarakat bisa menjaga kebersihan terutama kebersihan air.

B.     Rumusan Masalah
Berpijak dari latar belakang masalah yang telah kami paparkan secara singkat, maka terdapat beberapa rumusan masalah yang hendak di ajukan :
1.      Faktor apa saja penyebab terjadinya pencemaran air?
2.      Bagaimanakah cara mengatasi pencemaran air?
3.      Apa saja yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan?

C.    Tujuan Penulisan
1
 
Adapun tujuan dari penelitian tentang pencemaran air adalah sebagai berikut :
a.       Agar penulis dan pembaca mengerti betapa pentingnya kebutuhan air bagi kehidupan
b.      Agar bisa mengetahui apa saja faktor penyebab pencemaran air
c.       Untuk mengetahui apa saja akibat yang timbul dari pencemaran air
d.      Untuk menanggulangi pencemaran air yang terjadi di sekitar kita

D.    Manfaat Penulisan
Disini dijelaskan bahwa manfaat penelitian tentang “Pencemaran Air” di lingkungan adalah :
a.       Dapat mengetahui bahaya dari pencemaran air
b.      Mengetahui tingkat pencemaran air di lingkungan kita
c.       Dapat mengetahui cara menanggulangi pencemaran air

E.     Batasan Masalah
Dari rumusan masalah yang telah kami dapatkan secara singkat, maka batasan masalahnya adalah :
1.      Faktor penyebab pencemaran air yang disebabkan sampah
2.      Cara mengatasi pencemaran air dengan cara tidak membuang sampah sembarangan
3.      Upaya pemerintah dalam mengatasi pencemaran air mendaur ulang sampah
4.      Cara yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan adalah membuang sampah pada tempatnya



BAB II
PEMBAHASAN
Pencemaran adalah suatu peristiwa berubahnya keadaan alam (udara, air, dan tanah) karena adanya unsur-unsur baru atau meningkatnya sejumlah unsur tertentu. Jadi pencemaran air adalah peristiwa berubahnya kadar air karena adanya unsur-unsur tertentu.

B.1.   Faktor Penyebab Terjadinya Pencemaran Air
Adapun faktor penyebab terjadinya pencemaran air yaitu karena pembuangan sampah di sungai, pembuangan limbah rumah tangga, penggunaan pestisida herbisida dan pupuk tanaman, kebocoran kapal tanker serta penangkapan ikan dengan racun, dinamit dan strom. Dan masih banyak juga faktor lainnya.
Kebanyakan masyarakat jika membuang sampah itu dibuang di sungai dan pembuangan sampah di sungai itu dapat menimbulkan pembusukan dan dapat menyumbat saluran air di sungai tersebut. Seharusnya jika masyarakat ingin membuang sampah itu harus bisa memilih dan memilih antara sampah organik dan anorganik.
Pencemaran air karena pembuangan sampah juga dapat menyebabkan berkurangnya persediaan air bersih yang memenuhi syarat sehingga pencemaran tersebut berpengaruh terhadap kesehatan manusia dan juga makhluk hidup lainnya.

B.2    Cara mengatasi pencemaran air yang disebabkan oleh sampah
3
 
Sampah dapat menimbulkan permasalahan seperti sarang penyakit, menimbulkan bau busuk dan mengganggu pandangan mata. Oleh sebab itu, buanglah sampah pada tempat yang telah ditentukan. Jangan membuang sampah di sembarang tempat. Tempat penimbunan sampah yang terakhir jangan sampai mengganggu lingkungan kehidupan. Disamping itu, perlu dipikirkan pula cara  pemusnahan sampahnya.
Cara-cara atau sistem pemusnahan sampah, antara lain sebagai berikut:
1.      Dengan cara dibakar
Jika kita ingin membakar sampah, kita harus memilih terlebih dahulu mana sampah yang bisa dibakar. Dan saat membakar sampah tersebut kita usahakan agar asapnya tidak sampai mengganggu lingkungan sekitar
2.      Untuk makanan ternak (babi)
Sampah bisa dijadikan untuk makanan ternak (babi) yaitu sisa sampah berupa sayuran, sisa makanan, dan buah-buahan yang bisa dijadikan untuk makanan dan buah-buahan yang bisa dijadikan untuk makana ternak.
3.      Untuk bahan pupuk
Sampah dapat digunakan untuk bahan pupuk karena sampah yang membusuk akan menjadi bahan organik dan itu dapat digunakan sebagai pupuk

B.3.   Upaya Pemerintah Dalam Mengatasi Pencemaran Air
Ada beberapa cara pemerintah dalam mengatasi pencemaran air adalah dengan cara memberikan asumsi bahwa sampah juga bermanfaat dan dapat dijadikan sebagai sumber penghasilan misalnya dijadikan sebagai bahan kerajinan yang dapat dimanfaatkan sebagai hiasan rumah bahkan hasil kerajinan tersebutpun bisa diekspor ke daerah lain.
Selain itu sampah juga sangat bermanfaat bagi masyarakat kalangan bawah sebagai sumber penghasilan mereka, misalnya saja pemulung, mereka mengambil sampah yang masih dapat dimanfaatkan lagi untuk dijual ke produsen.

B.4.   Cara yang dilakukan untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan
Cara untuk mengurangi pencemaran air di sekitar lingkungan adalah banyak sekali misalnya saja dengan cara membuang sampah pada tempatnya, tidak membuang sampah di sungai, gotong-royong membersihkan selokan atau saluran air di sekitar dan masih banyak yang lain.
Salah satu cara yang mudah untuk dilakukan untuk mengurangi pencemaran air adalah masyarakat harus membuang sampah pada tempatnya. Dengan cara itu kita bisa mengurangi tercemarnya air yang dibutuhkan sehingga dengan tidak tercemarnya air, kadar air bisa terpenuhi.



BAB III
PENUTUP
A.    Simpulan
Pada dasarnya pencemaran air memang sangat merugikan bagi semua makhluk maupun kalangan. Pencemaran berarti masuknya makhluk hidup dan zat-zat atau komponen tertentu ke dalam suatu lingkungan hidup. Akibatnya tatanan lingkungan hidup pun berubah. Pencemaran bisa menurunkan kwalitas lingkungan hidup setempat. Namun semua itu dapat diatasi dengan berbagai cara seperti tidak membuang limbah pada sungai, tidak membuang sampah sembarang dan masih banyak lagi.

B.     Saran
Sebagai tindak lanjut dari uraian di atas tentang pencemaran air, maka penulis mengajukan beberapa saran demi meningkatkan kelestarian di lingkungan sekitar kita, antara lain :
1.      Perlu adanya kerja sama antara masyarakat dalam mengurangi terjadinya pencemaran air yang ada di lingkungan
2.      Menjaga kebersihan lingkungan tempat tinggal maupun lingkungan di sekitar sungai
3.      Tidam membuang sampah pada saluran air dan sungai yang dapat mengakibatkan pencemaran air
4.      Membersihkan lingkungan agar tidak dapat menimbulkan penyakit



6
 

DAFTAR PUSATA
 

-          De Blij, Harm J. 1977. Human Geography Canada : John Wiley & Sons
-          Departemen Pendidikan dan Kebudayaan 1993. Laut Kita Jakarta : Dirjen Dikdasmen
-          Teladan. 2004.Lembar Kerja Siswa Geogarafi. Mojokerto : CV. Sinar Mulia Pustaka.
-          Departemen Pendidikan Nasional. 2003. Kurikulum 2004.Standar Kompetensi Mata Pelajaran Geografi. Jakarta : Dirjen Dik Das Men