MAKALAH GERAKAN WANITA INDONESIA DAN PERHIMPUNAN INDONESIA

LINK DOWNLOADNYA DISINI GAN...........

BAB I
PENDAHULUAN

1.1         Latar Belakang
Pada mulanya pergerakan wanita masih merupakan usaha dari beberapa perempuan di Indonesia. Oleh karena itu kami berniat untuk membuat makalah yang menggambarkan usaha-usaha dan perjuangan yang dilakukan oleh Gerakan Wanita Indonesia agar dapat diketahui dan diapresiasikan oleh para pembaca yang dapat menambah nilai positif untuk mengenal jasa-jasa yang diberikan oleh para pejuang perempuan atau wanita Indonesia.
Hingga mendapatkan hasil yang sangat baik bagi wanita-wanita Indonesia. Salah satu buktinya ialah dengan adanya persamaan hak yang mensejajarkan hak para wanita dengan pria yang sama.
Selain itu kami juga mengulas tentang Perhimpunan Indonesia dimana isinya tentang perhimpunan-perhimpunan yang dibentuk oleh bangsa Indonesia guna memperjuangkan hak kita sebagai bangsa yang berdaulat yaitu Republik Indonesia.
Tanpa adanya perjuangan tersebut, saat ini kita tidak dapat merasakan kemerdekaan yang sangat berarti bagi kebebasan setiap hak yang dimiliki oleh setiap negara untuk merdeka.



1.2         Maksud dan Tujuan
Ø  Pembuatan makalah ini bertujuan untuk sebagai berikut :
1.      Memenuhi tugas yang diberikan oleh Bpk. Drs. M. Taufik
2.      Untuk menjelaskan perjuangan-perjuangan para pejuang wanita Indonesia.
3.      Guna mengenang kembali perjuangan para wanita Indonesia dan Perhimpunan Indonesia khususnya masyarakatnya.
4.      Memberikan gambaran kepada para pembaca akan perjuangan para pejuang kita agar mereka mampu mengapresiasikan semua perjuangan yang telah diberikan.

1.3         Rumusan Masalah
1.      Bagaiaman lahirnya Gerakan Wanita Indonesia dan Perhimpunan Indonesia.
2.      Kapan didirikannya lembaga-lembaga tersebut
3.      Siapa saja pelopor dari gerakan dan perhimpunan-perhimpunan tersebut?
4.      Apa tujuan Gerakan Wanita Indonesia dan Perhimpunan Indonesia?
5.      Mengapa didirikannya Gerakan Wanita Indonesia dan Perhimpunan Indonesia?
6.      Dimana tempat berdirinya Gerakan Wanita Indonesia dan Perhimpuan Indonesia?


BAB II
PEMECAHAN MASALAH

Gerakan Wanita
Pada mulanya pergerakan wanita masih merupakan usaha dari beberapa perempuan dan belum dibentuk dalam suatu perkumpulan. Perkumpulan wanita didirikan sebelum tahun 1920 pada dasarnya masih terbatas sifat dan tujuannya, menuju perbaikan kecapakan sebagai ibu rumah tangga.
Pergerakan kaum wanita pertama kali dirintis oleh RA. Kartini. Setelah beliau cita-citanya diteruskan oleh R. Dewi Sartika, hingga akhirnya muncullah gerakan-gerakan wanita yang lain. Dalam perkembangannya, gerakan wanita mengadakan kongres yaitu :
1.      Kongres Perempuan Indonesia I
Perkumpulan yang mengikuti kongres antara lain Wanita Utomo, Putri Indonesia. Wanita Katolik, Wanita Mulya, Muhammadiyah, dan Si bagian wanita, Jong Islamieten Bond dan Jong Java bagian wanita, dan Wanita Taman Siswa.
Tujuan kongres adalah untuk mempersatukan cita-cita dan usaha utnuk memajukan wanita Indonesia serta mengadakan gabungan atau perikatan diantara perkumpulan wanita tersebut.
2.      Kongres Perempuan Indonesia II
Kongres Perempuan Indonesia II diadakan atas inisiatif PPM di Jakarta pada tanggal 20-24 Juli 1935, dengan pimpinan Ny. Sri Mangunsarkoro.
3.      Kongres Perempuan Indonesia III
Pada tanggal 23-28 Juli dilangsungkan Kongres Perempuan Indonesia III di Bandung dengan pimpinan Ny. Emma Puradireja. Garis kebijaksanaan yang suci ditetapkan pada kongres terdahulu diteruskan dan diperkuat. Kongres yang dihadiri oleh Perkumpulan Wanita Islam menyetujui suatu rencana Undang-Undang Perkawinan yang modern yang disusun oleh Ny. Mr. Maria Ulfah Santoso. Selain kongres juga memutuskan tanggal 22 Desember menjadi Hari Ibu.



BAB III
PENUTUP

3.1         Kesimpulan
Dari penjelasan diatas dapat disimpulkan bahwasanya dengan adanya Gerakan Wanita dan Perhimpunan Indonesia pada saat itu kini kita mendapatkan hasil yang positif untuk kalangan wanita saat ini. Tidak hanya para wanita yang mendapatkan hasil yang positif, masyarakat Indonesia pun mendapatkan hasil yang baik. Terbukti dengan adanya perjuangan tersebut kini kita dapat merdeka dan menikmati kebebasan sebagai suatu negara kesatuan yaitu Republik Indonesia.

3.2         Saran
Dengan mengetahui maupun membaca makalah ini diharapkan para pembaca mampu untuk mengapresiasikan perjuangan yang diberikan para pejuang kita sehingga kita dapat menjadi sebuah negara yang tidak melupakan jasa pahlawannya. Karena dengan mengingat jasa para pahlawannya bangsa Indonesia dapat menjadi bangsa yang berdaulat, serta menjunjung tinggi rasa persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia tanpa melupakan dasar dari bangsa itu sendiri.


DAFTAR PUSTAKA

-          www.pdk.go.id
-          http://www.google.com
-          http://www.yahoo.com
-          www.wikipedia.com